TEKNIK MEKATRONIKA

Kompetensi keahlian Teknik Mekatronika merupakan salah satu kompetensi (jurusan) yang tergolong baru di tingkat SMK. Belum banyak sekolah yang membuka program keahlian ini. Secara garis besar, kompetensi keahlian teknik mekatronika ini merupakan irisan dari beberapa kompetensi keahlian yaitu Teknik Elektronika, Elektronika Industri, dan Teknik Pemesinan. Sehingga dari segi kompetensinya juga merupakan gabungan dari ketiga kompetensi keahlian tersebut yaitu peserta didik dapat menguasai kompetensi di bidang elektronika, bidang kontrol industri (otomasi), dan juga kompetensi di bidang pemesinan.

Dari namanya sendiri “Mekatronika” merupakan gabungan dari Mekanika dan Elektronika. Akan tetapi, dalam hirarki kompetensi keahlian dari Direktorat Pembinaan SMK Kompetensi Keahlian Teknik mekatronika ini berada di dalam rumpun Teknik Elektronika dengan kode 066 bersama dengan Teknik Elektronika Industri dan Teknik Audio Video.

Untuk Daftar Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) dari Kompetensi Keahlian teknik mekatronika dapat diunduh disini.

Dalam kompetensi keahlian Teknik Mekatronika terdapat 6 Dasar Kompetensi Keahlian (DKK) dan 16 Standar Kompetensi Kejuruan (KK). Dari sejumlah DKK dan KK tersebut dapat digolongkan menjadi beberapa kelompok yaitu: Dasar Elektronika, Dasar Sistem Kontrol, Pneumatik & Hidrolik, Dasar Teknik mesin, serta dasar pemesinan.

Kompetensi keahlian ini merupakan kompetensi keahlian yang akan terus senantiasa berkembang karena perkembangan ilmu pengetahuan dibidang teknik mekatronika atau bidang lain yang menunjang kompetensi keahlian ini berkembang dengan sangat pesat. Apalagi dengan pesatnya perkembangan dunia industri yang semakin high technology dan automation based technology sehingga membuka peluang besar bagi para peserta didik yang mengambil kompetensi keahlian Teknik Mekatronika.