Kegiatan Kunjin

Kegiatan Kunjin


1. Mengenalkan kondisi terkini dunia kerja kepada mahasiswa
Latar belakang diadakannya kunjungan industri adalah agar mahasiswa mengenal kondisi terkini dunia kerja. Terdapat beberapa perkembangan teknologi terkini di Bidang Teknik Tenaga Listrik antara lain; Pekerjaan Dalam Kondisi Bertegangan (PDKB), Teknologi Kabel Tegangan Tinggi bawah tanah (XLPE), Karakterisasi Minyak Isolasi (sebagai bahan dielektrik) serta Teknologi Fiber Optik, SCADA dan Telekomunikasi.

Lewat kunjungan industri, mahasiswa juga dapat mengetahui lebih jauh capaian pembelajaran (CP) Mata Kuliah khususnya pada Kompetensi Bidang Keahlian (KBK) Teknik Tenaga Listrik (TTL) yang ada di Prodi Teknik Elektro, Fakultas Teknik Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani). Dunia kerja terutama di bidang industri, bukan hanya teoritis melainkan dunia implementasi dan praktik keahlian sehingga para pekerja yang berkecimpung dibidang tersebut wajib memiliki kompetensi / sertifikasi keahlian.

2. Memberikan gambaran aplikasi langsung dari berbagai mata kuliah
Sebagai mahasiswa teknik elektro, nantinya Quipperian akan dituntut untuk aktif menggali informasi terkini tentang Ketenagalistrikan untuk memperoleh pengetahuan tentang dunia industri khususnya Bidang Teknik Tenaga Listrik. 
Kunjungan industri yang diselenggarakan oleh Prodi Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Unjani ini dilakukan untuk memberikan gambaran kepada mahasiswa terkait aplikasi langsung dari mata kuliah Sistem Tenaga Listrik (STL), Teknik Tegangan Tinggi (T3), Proteksi Sistem Tenaga, Teknik Pemeliharaan Listrik dan Keselamatan Kerja (TPLdKS) dan Pengukuran Sistem Tenaga (PST).

3. Membandingkan teori yang didapat dikelas dengan kondisi di dunia kerja
Seperti yang sudah diketahui, dunia kerja bagi lulusan teknik bukan lah terbatas pada hal-hal yang teoritis melainkan dunia implementasi dan praktik keahlian. Nah, lewat kunjungan industri ini mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengetahui dan membandingkan konsep perhitungan, pengukuran dan diagnosis peralatan tegangan tinggi di dunia kerja dengan ilmu yang diperoleh selama kuliah.

4. Ajang berbagi informasi terkait sertifikasi yang diperlukan di dunia kerja
Karena berada di dunia kerja yang sarat dengan keahlian, para pekerja di bidang keteknikan wajib memiliki kompetensi atau sertifikasi keahlian. Nah, melalui kegiatan ini, mahasiswa juga bisa mendapatkan informasi sertifikasi kompetensi keahlian khususnya di bidang Tenaga Listrik dari orang-orang yang telah berpengalaman. 
Sertifikat Kompetensi Keahlian ini dapat menjadi Surat Pendamping Ijazah selain Ijazah Strata 1 (S1) yang akan didapatkan dari kampus setelah kamu lulus nanti. Jadi, jangan malu-malu untuk bertanya mengenai informasi yang kamu perlukan ya!

5. Kunjungan Industri Memperluas pengetahuan Mahasiswa di lingkungan dunia kerja ketenagalistrikan
Kadang, nggak semua hal yang ada di lapangan dan di dunia kerja bisa kamu dapatkan melalui teori di kelas maupun di laboratorium. Untuk itu, kunjungan industri yang diselenggarakan oleh Prodi Teknik Elektro, Unjani ini akan membantub mahasiswa memperluas pengetahuan terutama hal-hal yang berkaitan dengan dunia kerja ketenagalistrikan.

Kunjungan industri dipilih untuk menambah pengalaman Mahasiswa tentang dunia kerja. Dengan kegiatan ini, diharapkan juga dapat mendorong mahasiswa agar memiliki minat dan keahlian untuk bekerja di perusahaan yang terkait dengan ketenagalistrikan. Pada kunjungan industri, mahasiswa juga bisa mendapatkan informasi tentang keahlian tenaga kerja yang dibutuhkan oleh perusahaan di bidang pengukuran, diagnosis, proteksi sistem listrik tegangan tinggi, 

Nah Quipperian, gimana? Ternyata kuliah di prodi Teknik Elektro itu seru banget ya, apalagi dengan adanya kunjungan industri yang bisa menambah wawasan dan pengetahuanmu. Program studi Teknik Elektro yang berada di Fakultas Teknik, Universitas Jendral Achmad Yani (Unjani) ini memang mengerti banget kalau memang diperlukan kegiatan luar kelas untuk pengembangan kemampuan mahasiwanya. 

Kegiatan luar kelas seperti kunjungan industri ini, dapat melengkapi pengetahuan teori yang didapatkan mahasiswa dari perkuliahan di kelas. Dengan begitu, tentunya kampus ini bisa mencetak para Sarjana Teknik dalam bidang elektro yang andal dan berkompeten.